Jumat, 28 Juni 2013

Cara Beternak Ikan Cupang


Oke guys, setelah kemarin kita tau tentang Berbagai jenis ikan Cupang cupang sekarang giliran cara pemijahanya nih.

                Untuk para cupangers, mungkin belum cukup hanya memelihara. Mungkin mereka juga berminat membudidayakan ikan ini untuk bisnis. Nah, karena itu saya kali ini akan berbagi tentang bagaimana memijahkan ikan cupang. Monggo di baca sampai selesai..

                Yang pasti untuk memijahkan ikan ini anda harus tau dulu yang mana jantan dan yang mana betina. Banyak pemula yang tak tau perbedaanya. Umumnya sih mereka mencampur jantan sama jantan, ya hasilnya malah brantem dan salah satunya mati.

                Cara membedakanya budah ko, liat aja dasinya. Ikan cupang jantan memiliki dasi yang panjang. Sedangkan betina dasinya sangat pendek.

                Setelah mengetahui mana jantan dan betinanya yang harus anda lakukan sekarang adalah memilih indukan. Ini tahap yang paling penting, karena indukan yang baik juga akan menghasilkan anakan yang baik pula.

Di bawah ini adalah cirri indukan yang baik :

Jantan : cukup umur, usia di atas 4bulan, panjang tubuh kira-kira 5cm, pilih warna yang cemerlang, agresif.
Betina : hampir sama sih, tapi betina yang siap kawin jika didekatkan si jantan akan berubah warna seperti zebra dan menggoyang-goyangkan ekornya.

Oke, klo udah tau semuanya ikuti langkah-langkah berikut :

1.       Pisahkan ikan yang akan dipijahkan dari ikan lainya.
2.       Beri perawatan khusus, dengan member makan 3x sehari secukupnya saja tentunya. Hal itu di lakukan selama seminggu.
3.       Jika sudah tempatkan pejantan pada wadah yang besar (30x30x20)cm, isi air cukup 10-15cm saja, untuk menjaga suhu. Biarkan si jantan beradaptasi dengan lingkungan barunya selama 1-2 hari.
4.       Setelah itu masukan betina pada wadah yang bening, kemudian masukan ke wadah si jantan, yang penting mereka bisa saling memandang.
5.       Setelah 1-3 hari kemudian akan banyak gelembung di permukaan air, saat itulah betina di lepas bareng jantan.
6.       Setelah betina mengeluarkan telurnya, pejantan akan memasukan telur-telur itu dalam gelembung. Warnanya putih, seperti butiran pasir (bukan butiran debu).
7.       Jika sudah ada telur, segera ambil betina dari wadah pemijahan untuk menghindari kanibalisme, biarkan sijantan merawat tlur-telurnya.
8.       Jika talur sudah menetes akan terlihat burayak ikan cupangnya. Jangan di pisah dari induk jantanya dulu, karena mereka masih membutuhkan bantuan dari si jantan.
9.       Dan jangan kasih makan selama 3 hari pertama, karena mereka masih memiliki cadangan makan dari kuning telurnya.
10.   Setelah 3 hari ambil pejantan dari wadah pemijahan.
11.   Beri makan burayak degan kutu air atau kuning telur rebus. (secukupnya)
12.   Setelah 1,5 bulan ikan cupang muda bisa di shortir, pisahkan antara jantan dan betina, dan pisahkan mana yang kualitas bagus, sedang, dan rendah.
13.   Setelah 2 bulan siap deh untukdi pasarkan.

Oke, itu sedikit ilmu dari saya. Mungkjin jika ada yang salah mohon di benarkan

untuk jenis-jenis ikan cupang silahkan kunjungi Jenis-jenis ikan cupang KLIK

Mungkin ada yang mau request? Tulis aja di komentar. Jika saya mampu pasti saya share.

Sampai jumpa lain waktu..

Tidak ada komentar: