Rabu, 19 Maret 2014

CONTOH CERITA LEGENDA (Asal Mula Desa Puguh)



Asal Mula Desa Puguh
            Pada sekitar abad ke-19, di wilayah Jawa Tengah telah terjadi perang besar antara Pasukan Diponegoro dengan Tentara Belanda. Ketika itu Diponegoro memiliki tiga pasukan. Diantaranya Pasukan Angga Jaya, Angga Janur dan Angga Sapi. Melihat kekuatan Pasukan Diponegoro yang begitu kuat Belanda pun mengatur strategi bagaimana untuk melemahkan Pasukan Diponegoro.
            Untuk melemahkan Pasukan Diponegoro, Belanda mencoba mengajak Diponegoro untuk bermusyawarah. Belanda memiliki satu syarat yaitu Diponegoro tidak boleh membawa pasukanya dalam musyawarah tersebut. Ketika itu Diponegoro menuruti permintaan Belanda untuk bermusyawarah. Musyawarah berlangsung di rumah Residen Magelang. Namun musyawarah itu ternyata hanya tipudaya Belanda. Setelah musyawarah selesai tanpa kesepakatan yang jelas, Diponegoro ditangkap dan dibawa ke Semarang.
            Setelah Diponegoro ditangkap Pasukan Diponegoro pun membubarkan diri. Mereka melarikan diri dari daerah Mataram untuk berlindung. Pasukan Angga Jaya dan Angga Janur pergi hingga wilayah Limbangan sekarang, tepatnya di desa Gonoharjo. Pada saat itu Pasukan Angga Sapi sempat tersesat. Namun kemudian Pasukan Angga Sapi berhasil bertemu dengan pasukan lainya.
            Angga Jaya sudah kehabisan tempat di Gonoharjo. Kemudian diperintahkan oleh Angga Jaya untuk bertempat tinggal di suatu tempat bernama Bumi Pugakan. Angga Sapi bersifat puguh, yang dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan jika sudah memiliki kemauan harus didapat. Berarti pantang menyerah dan belum mundur ketika belum berhasil. Karena sifatnya itu ia dijuluki Ki Puguh Angga Sapi. Begitulah, hingga sekarang wilayah itu dinamakan Desa Puguh.

Tidak ada komentar: