Senin, 07 September 2015

CARA MENGECILKAN PERUT BUNCIT



CARA MENDAPAT BADAN IDEAL
Mungkin bagi sebagian orang memiliki badan yang ideal merupakan idaman. Terlebih lagi image seorang yang berbadan gemuk di masyarakat kurang begitu baik dan bahkan terkadang orang yang memiliki berat badan berlebih akan menjadi bahan bullying. Bagian tubuh yang paling menonjol ketika seorang mengalami kegemukan atau obesitas adalah bagian perut. Terkadang seseorang di panggil “gendut” hanya karena perutnya buncit. Tapi memang seperti itulah realitanya.  
Tidak ada salahnya bagi kita untuk memiliki badan yang ideal. Tetapi memiliki badan yang ideal apalagi jika kondisi tubuh anda memang berlebih tentunya butuh usaha yang keras. Namun semua itu akan menjadi mudah jika anda ikhlas dan mau untuk konsisten dalam usaha anda untuk mendapatkan tubuh yang ideal.
Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mengecilkan perut dan mengurangi berat badan yang berlebih :
1.       Mengatur pola makan
Mulai sekarang aturlah pola makan anda, karena pola makan yang tidak teratur akan menggganggu proses metabolism dalam tubuh anda dan mungkin akan meningkatkan risiko kegemukan karena pencernaan yang lambat. Dapat dicoba jam makan pukul 7.00, 12.00, 18.00. tentunya dalam mengatur pola makan yang anda inginkan dapat disesuaikan dengan kegiatan harian anda. Porsi makan juga harus pas menurut anda, tidak lebih dan tidak kurang. Yang terpenting adalah konsisten dengan jadwal yang telah anda buat.
2.       Mengkonsumsi camilan yang sehat
Rasa lapar diluar jam makan bukan berarti anda harus menahanya. Anda juga dapat menyisipkan camilan pada sela-sela waktu makan anda. Namun camilan yang kita makan haruslah mendukung untuk program jadwal makan yang sudah anda atur. Camilan yang cocok untuk di pilih antara lain, buah-buahan seperti apel,  pisang, jeruk, atau aneka jus buah. Selain itu jenis kacang-kacangan juga dapat dipilih sebagai pengganjal perut anda untuk sementara.
3.       Mengurangi hal yang dapat menimmbulkan kegemukan
Dalam kehidupan sehari-hari banyak bahan makanan yang dapatmenyebabkan kegemukan atau perut buncit. Diantaranya adalah mie instan atau makanan instan sejenis, gorengan, makanan siap saji dan lain-lain. Beberapa makanan diatas dapat menyebabkan perut kita buncit karena sulit untuk dicerna bila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih. Bukan berarti kita tidak boleh untuk mengkonsumsi makanan diatas tapi hendaknya anda mengurangi jika benar-benar serius untuk mengecilkan perut anda.
4.       Mengganti sumber karbohidrat
Nasi merupakan makanan pokok yang hamper pasti ada dalam setiap menu makan di Indonesia. Kadar kalori yang tinggi pada nasi dapat menumpuk dan mengakibatkan kegemukan jika tidak di imbangi dengan olahraga. Jadi bagi anda yang tidak memilii waktu yang cukup untuk berolahraga hendaklah mengurangi asupan kalori yang masuk dalam tubuh. Cara yang dapat dipakai adalah mengganti sumber kalori selain nasi. Contoh bahan makanan yang dapat menggantikan nasi adalah ketela, ubi, kentang, dan jagung. Beberapa bahan makanan tersebut dapat memberikan rasa kenyang tetapi kadar gula nya tidak terlalu tinggi seperti nasi. Jadi bahan makanan tersebut cocok untuk bahan makanan pengganti nasi sebagai makanan utama.
5.       Memperbanyak konsumsi protein dan serat
Protein dan serat dapat diperoleh dari telur, ikan, ataupun berbagai olahan kedelai. Beberapa bahan makanan tersebut memiliki protein yang dapat membantu membangun tubuh dan meningkatkan masa otot. Selain itu mengkonsumsi makanan berserat dapat melancarkan pencernaan. Seperti yang banyak diketahui, tidak lancarnya system  pencernaan dapat mengakibatkan perut yang buncit karena lambatnya pengeluaran zat sisa dari dalam perut.
6.       Memperbanyak konsumsi air putih
Air putih sebagai pelarut dalam tubuh sangat penting perananya dalam system pencernaan. Selain itu air putih juga berperan penting dalam proses pembakaran karbohidrat. Dapat diambil kesimpulan jika anda tidak mencukupi kebutuhan air putih dalam tubuh anda maka yang terjadi adalah lambatnya pembakaran dan penguraian karbohidrat. Hal ini dapat menyebabkan kegemukan dan perut buncit.
7.       Istirahat yang cukup
Orang dewasa umumnya minimal harus beristirahat atau tidur dalam waktu 6 jam sehari. Jika kurang dari waktu tersebut maka yang terjadi adalah perut akan terasa cepat lapar dan nafsu makan akan bertambah. Dan sebaliknya jika anda tidur terlalu lama maka lemak yang tertimbun dalam lapisan kulit anda akan sukar untuk diuraikan dan akhirnya menumpuk di dalam tubuh anda. Perut buncit dan kegemukanlah yang terjadi.
8.       Olahraga rutin
Setelah semua telah dilakukan yang tak kalah penting adalah berolahraga secaara rutin. Tidak harus olahraga yang berat. Olahraga bisa dilakukan dimana saja bahkan didalam rumah sekalipun. Keringat yang keluar akan membantu dalam pembakaran lemak dalam tubuh. Dengan demikian jika olahraga dilakukan secara rutin maka dapat mengurangi berat badan serta ukuran tubuh anda.

Yang perlu diingat semua itu butuh proses dan tidak dapat dilakukan dan mendapat hasil yang maksimal hanya dalam waktu satu atau dua hari. Yang anda perlukan adalah konsistensi dan kemauan anda dalam melakukan hal-hal diatas. Terimakasih sudah mampir, baca artikel yang lain yaa (y)

Tidak ada komentar: