Kamis, 20 Juni 2013

Burung Hantu Celepuk (Javan Scops Owl)






 

Javan scops owl adalah jenis burung hantu mini. Panjang tubuh maksimalnya hanya 30 cm, dengan bentangan sayap burung dewasa 40 cm. Celepuk biasa bersarang di pinggiran hutan, rumpun bambu, pelepah kelapa atau kadang – kadang di rumah kosong. celepuk biasa bertenggger  di dahan pohon yang tidak terlalu tinggi.

                

 Ciri – ciri burung ini adalah :
1.       Ukuran panjang dari paruh hingga ujung ekor kira – kira 25-30 cm.
2.       Warna bulu lusuh kecoklatan.
3.       Warna paruh dan kaki kuning kotor.
4.       Mata bulat besar.
5.       Berkas telinga kurang terlihat jelas.

               

 
Makanan burung ini adalah serangga – serangga malam, seperti jangkrik dan ngengat, atau burung – burung kecil. Burung ini biasa mencari mangsa di awal malam dan dini hari (19.00-21.00 dan 02.00-04.00).

                Banyak orang yang mengira membedakan celepuk jantan dan betina dari telinganya, sebenarnya tidak. Membedakan celepuk jantan dan betina itu dari suara. Celepuk jentan suaranya cenderung tinggi (wook) dan celepuk betina cenderung merendah ( whio ).
               
                Celepuk termasuk burung langka, jadi jika kalian menemukan celepuk, bersyukurlah karena kalian masih bisa melihatnya secara langsung. Kelestarian celepuk ada di tangan kita sekarang. jadi jika mungkin kalian punya celepuk di rumah, jangan jadikan dia peliharaan, tapi jadikan dia partner anda.

dan buat yang pengen tau bagaimana cara merawatnya silahkan Cara MerawatCelepuk klik disini
cara melatih Training BOP KLIK DISINI

Oke, sekian dulu ya celepuknya. Lain kali saya akan share cara training calepuknya biar jadi partner yang baik..



Tidak ada komentar: