Selasa, 26 November 2013

Contoh Pidato Hari Kebangkitan Nasional




HARI KEBANGKITAN NASIONAL


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Yang saya hormati bapak kepala sekolah SMP 1 Boja.
Yang saya hormati bapak/ibu guru dan karyawan SMP 1 boja.
Dan teman-teman dari kelas tujuh sampai kelas Sembilan yang saya cintai.
            Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena sampai detik ini kita masih di beri nikmat oleh-Nya. Salah satunya adalah nikmat sehat, sehingga kita dapat berkumpul dalam Acara Peringatan Hari Kebangkitan  Nasional ini tanpa kekurangan suatu apapun.
            Bangsa kita mulai bangkit dari penderitaan panjang dibawah kekuasaan penjajah pada tanggal 20 Mei 1908. Pada tahun 1908, pemimpin-pemimpin bangsa ini membakar semangat seluruh bangsa Indonesia untuk bangkit melawan penjajah. Momentum ini ditandai dengan berdirinya organisasi pemuda yang menumbuhkan semangat nasionalisme yaitu “Budi Utomo” yang diprakarsai oleh Dr. Wahidin Sudiro Husodo digedung Stovia.
            Sangat sulit pada waktu itu untuk menyatukan bangasa ini. Mengingat wilayah bangsa Indonesia yang sangat luas, serta belum adanya teknologi komunikasi yang memadai pada waktu itu. Transportasi juga menjadi masalah dalam menyatukan seluruh warga dari Sabang sampai Merauke.
            Indonesia adalah Negara yang terdiri dari berbagai macam suku, agama, ras dan bahasa. Tak di pungkiri apa bila sering terjadi bentrokan atau amuk masa yang berkaitan dengan unsur sara. Seharusnya hal itu tidak akan terjadi apabila kita sadar akan pentingnya persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.
            Seharusnya saat ini kita bangkit membangun semangat nasionalisme untuk menjadi bangsa yang maju, bangsa yg berprestasi, bangsa yang mampu bersaing dengan bangsa-bangsa eropa yang di kenal dengan negara-negara majunya. Kita harus bangkit dengan tidak mengenal kata menyerah untuk bersatu membangun bangsa dan Tanah Air Indonesia.
            Nasionalisme Indonesia adalah nasionalisme yang luar biasa. Nasionalisme tumbuh bukan atas dasar etnis maupun kedaerahan. Nasionalisme adalah suatu kesatuan sebagai bangsa Indonesia yang berasal dari berbagai suku. Dari sinilah muncul Bhinneka Tunggal Ika.  Kita mampu berdiri tegak di sini karena kita mampu bersatu sebagai bangsa dan sebagai saudara. Itulah luhurnya semangat nasionalisme Indonesia.
            Bapak/Ibu serta teman-temanku yang saya cintai, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa Hari Kebangkitan Nasional adalah hari lahirnya semangat persatuan dan kesatuan Indonesia, jadi marilah kita bersemangat dalam belajar, bekerja dan memajukan bangsa tercinta ini.  Dan marilah kita bersatu dan berdamai dalam segala perbedaan. Saya berharap penjelasan singkat saya tadi dapat memperkuat semangat kesatuan kita sehingga bangsa kita bisa menjadi lebih baik.
Sekian pidato yang saya sampaikan, jika ada kekurangan dalam bertuturkata baik yang sengaja atau pun yang tidak saya sengaja, saya mohon maaf.


 Wassssalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar: