Rabu, 02 September 2015

CARA MEMILIH GITAR BAGI PEMULA



Gitar adalah alat musik yang dimainkan dengan cara di petik atau di genjreng. Gitar merupakan alat musik yang sulit dimainkan menurut saya. Tapi dengan latihan rutin pasti nanti kita akan mahir memainkan gitar. Nah yang menjadi masalah adalah ketika kita seorang pemula dan ingin memiliki gitar sendiri? Apa saja yang harus di pertimbangkan??
1.       Minat
Minat dalam hal ini adalah genre musik yang kita sukai. Jika kita lebih menikmati aliran musik klasik atau relatif kalem dengan suara yang merdu maka di anjurkan untuk memilih gitar akustik dengan senar nylon. Jika aliran musik yang di minati adalah musik keras seperti rock atau blues maka di sarankan untuk memilih gitar dengan senar string yang terbuat dari logam. Tentunya masing-masing senar memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tapi semua bergantung lagi dengan selera musik anda.
2.       Desain fisik
Desain fisik berarti bentuk gitar yang akan kita pilih, apakah sesuai dengan keinginan kita. Selain itu ukuran serta bahan yang digunakan juga dapat mempengaruhi nilai estetis pada gitar yang akan kita pilih.
3.       Kenyamanan
Ketika kita memilih gitar yang ingin dibeli kita juga harus mencoba memainkanya. Mintalah penjaga toko untuk menyetem gitar dan coba mainkan apakah menurut anda nyaman? Mulai dari ketika anda memegang, tebal neck, dan ketika anda memetik senar gitar tersebut. Kenyamanan ketika anda memainkanya akan membuat anda semangat untuk berlatih nantinya.
4.       Kualitas suara
Untuk yang satu ini mungkin bagi pemula agak sulit karena membutuhkan kepekaan pendengaran dan pengetahuan seni yang baik. Mungkin anda dapat meminta bantuan kepada teman anda yang sudah ahli. Jika memang harus memilih sendiri paling tidak kita tahu mana suara yang bagus menurut kita.
5.       Neck gitar
Neck atau leher gitar juga merupakan bagian gitar yang berpengaruh ketika kita ingin membeli sebuah gitar. Pastikan neck tidak melengkung. Kita dapat mengecek kondisi neck dengan mengangkat gitar secara horizontal didepan mata kita kemudian amati, apakah neck dalam kondisi yang lurus atau melengkung.
6.       Survey harga di pasar
Mengamati harga di toko satu dengan yang lain adalah hal yang penting. Dalam prinsip ekonomi diusahakan untuk mendapat barang kualitas baik dengan harga yang pas. Dalam hal ini harga gitar sama di lain toko mungkin berbeda. Ada juga harganya sama namun kualitas gitarnya berbeda. Jadi jangan ragu untuk memncari informasi tentang harga gitar di pasaran.

Sekian sekilas tips yang dapat saya sampaikan menurut pengalaman pribadi saya. Jangan malu untuk bertanya jika ingin membeli sesuatu. Tanyakan harga dan kualitas serta jangan ragu mengajak teman yang memang sudah ahli dalam hal pergitaran.

Tidak ada komentar: