Selasa, 17 Mei 2016

Bahaya jika Terlalu Sering Begadang



http://www.kabarmuslimah.com/wp-content/uploads/2014/10/Dampak-Begadang.jpgKehidupan di era modern seperti sekarang ini menuntut kita untuk bersaing dengan sesama. Mulai dari pekerjaan, penididikan, bisnis dan lain sebagainya. Tuntutan produktivitas tinggi atau prestasi akademik terkadang membuat sebagian orang lupa waktu. Bahkan untuk istirahat dan tidur sejenak seakan mengganggu pekerjaan mereka. Padahal dengan tidur yang cukup akan sangat bermanfaat bagi tubuh anda.
Berikut adalah beberapa bahaya yang dapat di timbulkan karena sering begadang :
1.       Alzheimer
Banyak factor penyebab Alzheimer, begadang salah satunya. Penyakit yang menyebabkan penyusutan otak ini sangat mengkhawatirkan apa lagi jika dialami oleh kaum muda. Amyloid beta adalah senyawa protein yang dapat menyebabkan Alzheimer. Ketika seseorang terjaga sepanjang malam maka kadar amyloid beta tidak terkontrol sehingga akan mengendap. Endapan amyloid beta ini dapat menyebabkan Alzheimer.
2.       Insomnia
Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat disebabkan karena sering begadang. Kebanyakan orang yang sering begadang akan mengalami insomnia. Ketika dalam kondisi terjaga penuh maka dia akan butuh waktu yang lebih lama untuk mendapatkan kondisi tertidur. Atau ketika seorang terbangun dari idurnya di malam hari maka dia membutuhkan waktu relative lebih panjang untuk mendapatkan tidur lagi.
3.       Meningkatkan resiko stroke
Tidak teraturnya pola tidur atau kurangnya waktu tidur adalah hal biasa dalam era modern seperti sekarang ini. Ketidak teraturan pola idur dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung atau stroke. Menurut beberapa penelitian seorang yang tidur kurang dari 6jam sehari resiko terkena penyakit jantung dan stroke akan meningkat. Jadi mengatur pola tidur yang tepat dapat menjaga tubuh kita agar tetap bugar. Mulailah dengan tidur 7-8 jam sehari.
4.       Menurunkan daya tahan tubuh
Proses pengeluaran racun oleh hati terjadi secara optimum saat kita tertidur. Jika seseorang kurang tidur, maka proses ini akan terganggu. Sehingga racun dalam tubuh akan mengendap dan mengganggu fungsi hati. Selain itu antibody dalam tubuh akan menurun daya kerjanya. Hal ini dapat menyebabkan tubuh manusia mudah terkena penyakit.
5.       Memicu diabetes
Banyak begadang dapat mnegganggu metabolism dalam tubuh. Begadang dapat mengganggu sekresi insulin yang berguna mengubah gula darah menjadi glycogen. Kurangnya insulin dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi sehingga hal ini memicu timbulnya penyakit diabetes.
Uraian diatas hanyalah beberapa dampak yang dapat ditimbulkan karena terlalu sering begadang. Menjaga kesehatan adalah hal yang penting. Karena dengan kondisi sehat kita dapat melakukan aktivitas dengan baik dan lancar. Kesehatan adalah harta utama yang harus kita miliki.

Tidak ada komentar: