Selasa, 17 Mei 2016

Manfaat Tidur dengan Teratur


Tidur merupakan aktivitas alami bagi manusia. Tidur merupakan cara yang tepat untuk mengistirahatkan badan kita setelah beraktivitas sehari-hari. Dengan tidur yang cukup dan teratur badan akan menjadi segar dan rileks.

                Orang dewasa membutuhkan setidaknya7-8 jam untuk tidur. Dengan waktu tersebut kita dapat memberi waktu bagi otot dan pikiran kita untuk sejenak beristirahat dan mengumpulkan energy kemmbali. Selain itu hormone pada tubuh akan bekerja secara optimal saat tidur. Jadi tidur memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan.
Berikut adalah beberapa manfaat tidur cukup dan teratur :
1.       Meningkatkan daya ingat
Pikiran kita akan bekerja sangat keras ketika kita terjaga. Hal ini akan membuat otak kita lelah. Saat kita tertidur otak akan memperkuat ingatan kita ketika kita sedang dalam kondisi terjaga. Jadi ketika kita mempelajari sesuatu maka kita akan lebih mudah memahaminya setelah kita tidur.
2.       Memperpanjang angka harapan hidup
Menurut beberapa penelitian seorang yang memiliki kebiasaan kurang atau berlebihan tidur akan memiliki usia yang lebih pendek dari mereka yang cukup tidur. Mengatur pola tidur merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Tidur 7-8 jam sehari adalah cara yang mudah dan murah untuk menjaga kesehatan.
3.       Meningkatkan kebugaran
Ketika kita tertidur maka tubuh akan beritirahat. Setelah kita terbangun maka kondisi tubuh kita akan menjadi bugar. Hal itu dapat diperoleh dengan tidur cukup dan teratur. Seorang yang memiliki kebiasaan tidur yang baik dan cukup maka tubuhnya akan memiliki kebugaran yang baik pula.
4.       Meningkatkan kemampuan akademis
Dengan memperbaiki pola tidur dan mengatur waktu tidur maka tibuh akan tetap sehat. Seorang yang cukup tidur tingkat konsentrasi mereka tinggi. Hal ini sangat penting terutama bagi seorang pelajar. Dengan konsentrasi yang baik maka seorang pelajar akan mudah dalam menerima pelajaran. Sehingga prestasi yang mereka raih pun akan meningkat.
5.       Memiliki badan yang ideal
Ketika tidur semua organ tubuh akan mengalami perbaikan. Termasuk dalam proses metabolism tubuh. Seorang yang kurang tidur akan mengurngi masa ototnya. Sehingga tubuhpun menjadi kurus dan tidak ideal. Berbeda dengan orang yang cukup tidur. Ketika tertidur protein akan bekerja optimal dalam pembentukan otot. Serta hormone HGH akan berperan dalm pertumbuhan tinggi badan.
6.       Mengurangi stress
Syaraf-syaraf yang tegang akibat aktivitas sehari-hari atau keadaan emosi yang tidak stabil sering membuat kita stress. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan tidur cukup. Karena saat tidur syaraf dalam tubuh kita akan rileks kembali. Serta kita akan lebih mudah mengatur emosi ketika tenang.
7.       Meningkatkan kualitas hidup
Jika badan sehat dan bugar, maka kita akan lebih nyaman dalam menjalani aktivitas. Bekerja dengan konsentrasi tinggi dan penuh semangat. Dengan tidur cukup akan mempengaruhi kualitas hidup kita.
                Terima kasih sudah mampir. Hidup sehat adalah impian, dan badan yang bugar adalah cara unuk beraktivitas dengan baik. Jadi marilah kita selalu menjaga kesehatan dan kebugaran.

Tidak ada komentar: