Minggu, 30 Juni 2013

HEWAN DARAT TERCEPAT DI DUNIA (CHEETAH)


Kali ini saya akan membahas tentang hewan dengan kemampuan lari tercepat di dunia guys.

Ready??

                Pasti kalian semua tahu hewan yang satu ini. Ya, cheetah adalah hewaan yang memiliki kemampuan lari yang luar biasa. Cheetah mampu berlari hingga kecepatan 110km/jam dengan akselerasi 0-100km/jam dalam 3,5 detik. Kucing besar ini sangat mengandalkan kecepatanya dalam berburu.
 
                Selama bertahun cheetah hanya dianggap sebagai mitos di Afrika (tepatnya Mozambik). Katanya hewan ini sering membawa penduduk desa di sana. Penduduk setempat sering menyebutnya “Magwa”. Dan mitos itu pun terbukti setelah paul dan Lena Bottriel berhasil memotretnya pada 1975.
 
                Cheetah merupakan pemangsa paling efisien di muka bumi. Cheetah hanya akan menerkam mangsanya apabila berada dalam jangkauanya. Hewan ini tergolong hewan yang cerdas, tetapi memiliki kemampuan mendeteksi hewan lain yang paling lemah.
 
                Cara menjatuhkan mangsa hewan ini tidaklah seperti singa atau harimau yang menerkam mangsanya, hewan ini cukup dengan menyentuh kaki belakang mangsanya yang berlari. Ketika mangsanya terjatuh, saat itulah ia mencengkeram dan menggigit leher mangsanya hingga kehabisan darah.
 
                Hewan ini seakan di ciptakan memang untuk symbol kecepatan. Hal ini di lihat dari susunan rangka yang memungkinkan ia berlari cepat, susunan otot kakinya yang padat, dan ekor untuk keseimbangan. Beberapa hal itu membuat tubuh cheetah menjadi aerodinamis.

                Namun kecepatan maksimal hewan ini hanya akan dipertahankan hingga jarak 300m. dan di lanjutkan dengan kecepatan rata-ratanya hingga jarak 500m. pada saat itu suhu tubuh meningkat dan akan istirahat untuk menstabilkanya kembali.

OK guys, itu sedikit info yang aku bagikan. Ada yang mau request??? Silahkan tulis paa komentar..

Tidak ada komentar: