Selasa, 09 Juli 2013

Palung Terdalam di Dunia


                Hai kawan, kali ini saya akan membagi pengetahuan saya tentang beberapa palung terdalam di dunia. Apa itu palung? Palung adalah jurang yang dalam yang terletak di dasar laut. Jika titik tertinggi bumi terletak di Mount Evrest dengen ketinggian 8.848m, titik terdalam bumi terletak di palung Mariana yang terletak di samudera Pasifik dengan kedalaman 10.924m. tekanan di dasar palung sangatlah tinggi, sekitar 110.000 kilopascal. Walaupun tekanan di dasar palung sangat besar tetap ada makhluk hidup di dasar along. Namun mahluk yang dapat hidup di sana hanyalah makhluk bersel satu, yang bahkan belum pernah teridentifikasi.

Oke, langsung saja, di bawah ini adalah beberapa palung terdalam di dunia :

1.      Palung Kermadec
          Palung ini merupakan salah satu dari jajaran palung terdalam di dunia. Palung dengan kedalaman 10.047m ini terletak di samudera Pasifik. Palung ini dibentuk oleh subduksi dari lempeng pasifik di bawah lempeng Indo-Australia.

2.      Palung Philipina
          Mindanao deep atau palung Philipina terletak di perairan Philipina bagian timur. Palung ini memiliki panjang 1.320km dan lebar 30km dari dari Philipina, tepatnya pulau Luzon membentang hingga wilayah Indonesia, tepatnya Pulau Halmahera Maluku Utara. Galathea adalah  titik terdalam palung ini yang memiliki kedalaman 10.540m. Palung Philipina dihasilkan oleh tabrakan tektonik Philipine Sea Plate yang bersubduksi di bawah Sabuk Mobile Philipina dengan laju kurang lebih 16cm/tahun.

3.      Palung Kuril-Kamchatka
          Palung Kuril-kachatka terletak di sekitar kepulauan Khuril, Jepang. Palung ini memiliki kedalaman sehingga 10.542m. Palung ini memanjang dari tiga persimpangan antara Patahan Ulakhan dengan utara palung aleutian sampai palung selatan Jepang. Palung ini terbentuk akibat zona subduksi pada akhir Zaman Kapur. Dan hal inilah yang mengakibatkan terciptanya Kepulauan Khuril.

4.      Palung Tonga
          Palung yamg terletak di perairan Selandia Baru ini memiliki kedalaman sekitar 10.882m. Deep Horizon adalah sebutan untuk titik terdalam palung ini. Zona subduksi ini adalah yang paling aktif, dimanaLempeng Pasifik aktif bersubduksi di bawah lempang Indo-Australia dan Lempeng Tonga. Memanjang dari timur laut hingga ke utara dari North Island Selandia Baru.

5.      Palung Mariana
          Palung ini merupakan palung terdalam yang pernah di ketahui di dunia. Karena lokasi terdalamnya berada di kerak bumi. Palung ini memiliki kedalaman 10.924m. Palung ini terletak di dasar barat laut Samudera Pasifik. Palung ini juga dekat dengan Jepang. Palung ini merupakan batas pertemuan antara dua lempeng tektonik. Dimana Lempeng Pasifik bersubduksi di bawah Lempeng Philipina. Bahkan kedalaman palung ini lebihdari ketinggian Gunung Evrest.
          Palung ini pertama kali diteliti oleh Ankatan Laut Britania pada 1951. Mereka memberi nama titik terdalam palung tersebut dengan nama kedalaman Challenger. Gema suara yang digunakan mengukur kedalaman 5.960 fathom atau 10.900m pada 11° 19 U, 142° 15 T. Proses ini di ulang berkali-kali menggunakan earphone untuk mendengar sinyal yang kembali saat stylus melewati skala kedalaman.

Oke kawan, itulah beberapa palung terdalam di dunia. Menakjubkan bukan. Ya, itulah ciptaan Tuhan. Tak akan ada yang dapat menandingi kuasa-Nya.
Mau request? Tulis saja di komentar.
Follow @K_AnjarN

Tidak ada komentar: